Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau di Kabupaten Bintan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di provinsi Kepulauan Riau memiliki peranan signifikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat yang sejahtera. Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman ini mulai beroperasi pada tanggal 7 Agustus 2019 berdasarkan SK Menteri Agama RI nomor 680 tahun 2019 tentang izin penyelenggaraan Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman kepulauan Riau. Alasan pendiirian piaud karena banyaknya berdiri sekolah paud di tanjungpinang sementara belum ada prodi khusus pendidikan anak usia dini.

 

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini yang Unggul dalam Metodologi Pembelajaran Anak Usia Dini, berkarakter keislaman, keilmuan dan kemelayuan.

MISI

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang kreatif, inovatif, dan berkarakter keislaman, keilmuan dan kemelayuan.

2. Melaksanakan pendidikan yang unggul dalam metodologi pembelajaran berbasis karakter.

3. Meningkatkan mutu kegiatan pendidikan dan pembelajaran melalui penelitan dan pengabdian masyarakat,

4. Membentuk generasi Islam yang berakhlak mulia, cerdas dan kompetitif.

 

TUJUAN

1. Menghasilkan sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang kreatif, inovatif dan berkarakter keislaman, keilmuan dan kemelayuan,

2. Menghasilkan sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang memiliki keunggulan dalam menerapkan metodologi pembelajaran berbasis karakter

3. Menghasilakan sarjana Pendidikan Islam Anak Usia Dini yang mampu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran melalui penelitian dan pengabdian masyarakat

 

PROFESI DAN KARIR LULUSAN PRODI PIAUD

1. Guru PAUD/TK/TPA/RA

2. Asisten Peneliti Pendidikan

3. Pengelola Lembaga PAUD/TK/TPA/RA

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau diharapkan memiliki kemampuan yang sesuai kompetensi sesuai dengan bidang kerja dan tanggung jawabnya. Profil lulusan prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau sebagai berikut:

1. Pendidik PAUD (TPA-KB-TK/RA) Menjadi Pendidik Anak Usia Dini (TPA-KB-TK/RA) yang kreatif, militan dan Islami serta berpengetahuan luas di bidang pendidikan anak usia dini dan mampu menerapkan teori-teori pendidikan dan pembelajaran anak usia dini.

2. Trainer Tari, Dogeng dan musik AUD Menjadi trainer di bidang seni tari anak, dongeng dan musik anak yang kompeten, profesional dan religius.

3. Pengusaha alat peraga/ permainan edukatif Menjadi pengusaha alat peraga atau alat permainan edukatif, yang kreatif, produktif dan sukses.